INFORMASI DAN PENGOLAHAN DATA ANGKATAN DARAT

INFORMASI DAN PENGOLAHAN DATA ANGKATAN DARAT
"WIDYUTA AWASARA ANINDYAGUNA"

Rabu, 03 Juli 2013

ARTI LAMBANG INFOLAHTA


ARTI LAMBANG INFOLAHTA ANGKATAN DARAT

GAMBAR
1. DAUN LONTAR
Sebelum manusia menemukan/mengenal apa yang disebut “Kertas” manusia menyimpan data (dengan cara menuliskannya) pada  Daun Lontar.  Sehingga  Daun  Lontar  merupakan  cikal  bakal  peralatan  media  yang  digunakan untuk  menyimpan/mencatat  data. Delapan  ujung  pada  bagian  dalam  (tengah)  untuk  menyatakan  hari  jadi  Disinfolahtad  yaitu  tanggal 8  (delapan)  Maret.

2. BINTANG BERSUDUT 5
Bintang  bersudut  lima  merupakan  lambang  TNI  AD,  Induk  Organisasi Disinfolahtad, ciri-ciri yang tinggi dan luhur berdasarkan Pancasila.

3. LAYAR PEMANTAU KOMPUTER
Untuk menunjukkkan bahwa didalam melaksanakan tugasnya  Disinfolahtad menggunakan peralatan Pengolahan Data Elektronis (Komputer) sebagai sarana utamanya.

4. SEGITIGA
Merupakan lambang Stratifikasi Manajemen Sistem Informasi yang berlaku umum dan dianut pula  oleh Disinfolahtad  dan  menunjukkan bahwa  Disinfolahtad  harus mampu  menyajikan informasi  yang tepat  yang dibutuhkan  oleh semua  pembina dalam satiap Strata Organisasi dalam jajaran TNI AD, untuk pembuatan keputusan yang arif dan bijaksana.

5. GARIS MENYILANG
Merupakan lambang tekad untuk mengikuti kemajuan teknologi informasi dan pengolahan data, Juga merupakan lambang untuk maju terus seirama laju perkembangan zaman.

6. TANGKAI DAUN LONTAR 3 BUAH
Melambangkan  sifat  personel  Disinfolahtad  yang  tanggap, terampil  dan teliti dalam  melaksanakan tugas melalui pembangunan  sistem, pengoperasian  sistem dan dukungan teknisnya menghasilkan informasi yang cepat tepat dan akurat.

7. "WIDYUTA AWASARA ANINDYAGUNA"
      1)         WIDYUTA            :  Kilat, Petir, Halilintar
                                                    Bermakna : Cepat
           
     2)         AWASARA          :  Saat tepat baik
                                                  Bermakna : Tepat
           
     3)        ANINDYAGUNA :  Keunggulan yang sempurna
                             Bermakna : Akurat

              Makna keseluruhan


Pengabdian tanpa pamrih dari prajurit TNI AD, pejuang Sapta Marga yang        tanggap terampil dan teliti, menghasilkan data yang akurat dan tepat kualitasnya serta cepat penyajiannya. Ini merupakan Motto yang memberikan motivasi dan semangat bagi personil Disinfolahtad dalam melaksanakan tugasnya.

WARNA
1. COKLAT DAUN KERING
Coklat (cream) berarti netral, obyektif juga adil. Obyektif dan tidak memihak dalam memberikan pelayanan, penyajian informasi.

2. KUNING
Kuning Emas mempunyai arti keagungan/keluhuran, kebijaksanaan. Keagungan/keluhuran dalam mengabdi Pertiwi, apapun tugas yang dibebankan akan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan bijaksana.

3. BIRU LANGIT
Biru mempunyai arti kesungguhan, kesanggupan. Dalam melaksanakan tugas harus dengan kesanggupan dan sungguh-sungguh dengan didasari rasa kesadaran dan tanggung jawab yang mendalam.

4. JINGGA
Jingga mempunyai arti keberanian yang agung dan dinamis. Berani tidak mengenal menyerah dan dinamis dalam berfikir, bertindak dan berinisiatif.

5. PUTIH
Putih mempunyai arti suci, sepi ing pamrih. Tidak mengharapkan imbalan jasa dalam melaksanakan tugasnya.

6. CREAM
Cream mempunyai arti netral, obyektif juga adil. Obyektif dan tidak memihak dalam memberikan pelayanan, penyajian, penyajian informasi.

7. HITAM
Hitam mempunyai arti mantap, teguh dan kekal. Tidak goyah oleh rayuan, bujukan suap dan lain sebagainya, yang akan membawa pelaksanaan tugas menyimpang dari ketentuan yang telah ditetapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar